About

About

slider

Recent

Total Pageviews

Powered by Blogger.

About us

Followers

Followers

Navigation

Pribahasa

PRIBAHASA


A. Pengertian Pribahasa
Pribahasa adalah kelompok  kata atau kalimat yang menyatakan suatu maksud keadaaan seseorang  atau hal yang mengungkapkan kelakuan perbuatan atau hal mengenai diri seseorang. Pribahasa mencakup ungkapan pepatah, perumpamaan, ibartdan tamsil.
Pribahasa atau pepatah adalah ayat atau kelompok kata yang mempunyai susunan ang tetap dan mengandung aturan dasar dalam berprilaku. Jika pribahasa berupa ungkapan berupa ungkapan yang sangat baik maka disebut dengan istilah aforisme.
Pribahasa merupakan ungkapan yang walaupun tidak langsung namun secara tersirat menyampaikan suatu hal yang dapat dipahami oleh pendengarnya atau pembacanya karena sama-sama hidup dalam ruang lingkup budaya yang sama.
Bisa juga diartikan:
  • Pribahasa merupakan suatu susunan kata-kata yang teratur sedap didengar dan ckup bermakna.
  • Pribahasa dibentuk atau dicipta berdasarkan pandangan dan perbndingan yang teliti terhadap alam sekeliling dan peistiwa yang berlaku dalam masyarakat
  • Oleh sebab pribahasa dibentuk dengan suatu ikatan bahasa yang indah dan padat maka melekatlah pribahasa itu dimulut orang ramai secara turun temurun.
Pada umumnya kelompok kata atau kalimat dalam  pribahasa memiliki struktur susunan yang tetap, dan merupakan kiasan terhadap suatu maksud. Kalimat yang dipakai biasanya mengesankan dan memilki arti yang luas. Di dalam suatu pribahasa terhadap unsur sistem budaya masyarakat yang berhubungan dengan nilai-nilai, pandangan hidup, norma dan suatu aturan dalam  masyarakat. Di kebudayan melayu, pribahasa sering dipakai atau diucapkan dalam kehidupan sehari-hari, dengan kata lain sastra lisan ini merupakan  salah satu sarana enkulturasi dalam proses penamaan nilai-nilai adat dari waktu ke waktu

  1. Jenis-jenis pribahasa dan contohnya
Pribahasa adalah kalimata atau kelompok perkataan yang tetap susunannya dan biasanya mengiaskan suatu maksud tertentu. Pribahasa terbagi dalam tiga jenis, yakni pepatah, perumpamaan dan ungkapan. Jadi dalam hal ini ungkapan merupakan bagian dari pribahasa.
  1. Pepatah
Pepatah adalah jenis pribahasa yang mengandung nasehat atau ajaran. Menurut Poerwa Darminta pepatah ialah perkataan atau ungkapan kata yang khusus untuk menyatakan suatu maksud dengan kiasan.
Contoh:
-          Datang tampak muka pergi tampak punggung
(artinya : hendaklah berbuat baik-baik ketika berkunjung, baik ketika datang maupun pergi)
-          Sepala-pala mandi biar basah
(artinya: mengerjakan suatu pekerjaan hendaklah dengan sempurna, jangan separuh-paruh)
  1. Perumpamaan
Perumpamaan adalah ibarat, persamaan pribahasa yang berupa perbaningan. Ciri utama perumpamaan adanya kata-kata sebagai, bagai, laksana, bak, seumpama, umpama atau sejenisnya.
Contoh:
-          Bagai air di aun talas, dikiaskan kepada orang-orang yang tidak tetap hatinya atau pendiriannya, mudah berubah pendiriannya.
-          Bagai membendarkan diri ke bukit, artinya mengerjakan perbuatan yang sia-sia.
  1. Ungkapan
Ungkapan adalah perkataan atau kelompok kata yang khusus untuk menyatakan maksud dengan arti kata kiasan, seperti melihat bulan, datang bulan, bulan madu, dan sebagaina.

Share
Banner

Post A Comment:

0 comments: